Selamat datang di blog Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Lampung Timur "Yogyakarta". Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya...

15 Januari 2009

Taman Nasional Way Kambas

Salah satu tempat wisata yang menarik dan sudah dikenal di dunia internasional adalah Taman Nasional Way Kambas. Hmmm.... kalau sudah mendengar kata Taman Nasional Way Kambas, yang ada di benak kita adalah gajah sumatera yang pinter main bola. Ada apa lagi ya di Taman Nasional Way Kambas?

Secara administratif, Taman Nasional Way Kambas berada di Daerah Tingkat II Lampung Timur, yang mencakup wilayah kecamatan, antara lain kecamatan Labuhan Maringgai, Way Jepara, Purbolinggo, Sukadana dan Way Bungur serta berbatasan dengan Daerah Tingkat II Lampung Tengah yang meliputi kecamatan Rumbia dan Seputih Surabaya. Luas Taman Nasional Way Kambas saat ini menurut hasil pengukuran dan pengukuhan batas kawasan oleh Sub Balai Inventarisasi dan Pemetaan Hutan (SBIPH) seluas 125.621,30 ha yag terbagi menjadi tiga wilayah Sub Seksi Konservasi.

Yang dilindungi antara lain :

FAUNA

Ada banyak Fauna yang dilindungi dalam Taman Nasional Way Kambas. Antara lain ada 50 jenis mamalia yang 36 diantaranya adalah dilindungi, yaitu gajah sumatera (Elephas maximus Sumatranus), badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), harimau sumatera (Panthera tigris), tapir (Tapirus indicus), rusa (Cervus unicolor),dll.

Ada enam jenis primata yang terdapat di wilayah RKPA Way Kanan sampai Plang Ijo, yaitu siamang (Symphalangus syndactylus), owa (Hylobates moloch), beruk (Macaca nemestrina), kera ekor panjang (Macaca fscicularis), lutung (Presbytis cristata) dan lutung merah (Presbytis rubicunda).

Di Taman Nasional Way Kambas terdapat 406 jenis aves dengan 18 jenis diantaranya dilindungi. Antara lain mentok rimba (Cairina scutulata), sempidan biru (Lophura ignita), dan empat jenis bangau, yaitu bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus), bangau bluwok (Myteria cinerca), bangau sandang lawe (Ciconia episcopus) dan bangau storm (Ciconia stormi). Terdapat juga jenis rangkong (Bucerotidae), kuntul putih (Egreta sp), beo (Gracula religiosa), ayam hutan (Gallus gallus), pecuk ular (Anhinga melanogaster) dan raja udang (Halcyon Funebris)

Ada juga beberapa jenis reptil dan amfibi, diantaranya adalah Ratupa dicolor, biawak (Varanus salvator), ular (Phyton sp), buaya (Crocodilus porosus).

Masih banyak lagi yang dapat kita temui dalam Taman Nasional Way Kambas, untuk lebih jelasnya datang langsung saja ke Lampung Timur yang lokasinya kalau dari Bandar Lampung dengan melewati metro kurang lebih 2 jam perjalanan, alternatif lain adalah Bandar Lampung - Sribhawono - Way Jepara - Taman Nasional Way Kambas dengan jarak tempuh yang hampir sama.

Informasi Lebih lanjut dapat diproses melalui

BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS
Jl. Raya Labuhan Ratu Lama Way Jepara
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Atau lebih jelasnya kunjungi website resmi
Taman Nasional Way Kambas di www.waykambas.or.id

2 komentar:

Cebong Ipiet mengatakan...

lestarikan satwa
termasuk cebong
heuheuehu warna blog na ijo lbh bagus sesuai tema nya

sa ki ta mengatakan...

alangkah lebih menarik lagi lw dibedain antara hewan asli lampung and hewan yang didatangkan dari tempat lain.ok"!